Faktor-faktor yang Mempengaruhi Cepat Lambat Loading Blog

Loading Blog Cepat
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Cepat Lambat Loading Blog - Setelah sebelumnya saya sudah membuat artikel tentang Mengetahui Kecepatan Loading Suatu Blog, kini saatnya saya akan mereview beberapa faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya loading blog. Namun, bagi sobat yang belum membaca artikel saya sebelumnya, silakan klik disini.

Mungkin bagi sobat yang sudah terbiasa melakukan jalan-jalan dari satu blog ke blog yang lain (blog walking), pasti menemukan beberapa blog yang cepat loading dan blog yang lambat loading. Sebenarnya, apa yang membuat kecepatan loading blog berbeda-beda? Jika sobat bisa menjawabnya, hal-hal tersebutlah yang merupakan faktor penentu kecepatan loading blog.

Faktor-faktor tersebut antara lain adalah CSS, Javascript/jQuery, Gambar, Widget Blog. Baiklah, mari kita jabarkan satu demi satu.

CSS (Cascading Style Sheet)

Apalah artinya suatu blog tanpa adanya kode CSS? :D Seperti yang kita ketahui, CSS merupakan jantungnya suatu blog/website yang kemudian digabungkan dengan kode HTML untuk menciptakan suatu tampilan blog yang bagus, cantik, dan menawan sehingga membuat pengunjung betah untuk duduk berlama-lama di blog/website kita. Namun, ternyata terlalu banyak kode CSS yang menumpuk di dalam blog/website kita justru akan memperlambat loading blog kita. Apalagi bila ada kode-kode CSS yang saling crash atau bertumpuk karena ada yang double.

Javascript / jQuery

Penggunaan javascript/jquery biasanya dikombinasikan untuk memperoleh hasil tampilan blog yang cantik, serta menunjang beberapa performa widget, dan memberikan efek-efek tertentu yang tidak cukup diberikan oleh Kode CSS saja. Akan tetapi, penggunaan Javascript yang terlalu banyak justru akan menambah ukuran halamman blog bahkan membuat loading blog sangat berat karena penggunaan Javascript menurut saya jauh lebih riskan daripada CSS. Bisa saja dengan adanya javascript blog akan loading dengan sangat cepat, dan bisa juga justru akan menjadi beban loading blog.

Widget

Widget tidak kalah penting dalam suatu blog. Hal ini karena penggunaan widget sangatlah membantu pengunjung untuk mendapatkan informasi secara cepat dengan hanya sekali klik saja. Widget-widget ini antara lain Popular Posts, Recent Comments, Label Blog, Random Posts, Artikel Terbaru, Widget Followers seperti Google+, Facebook, dan Twitter, dan lainnya. Akan tetapi, penggunaan widget-widget tersebut secara tidak tepat justru akan menyebabkan blog menjadi berat. Apalagi apabila penempatan sidebar berada di sebelah kiri blog. Mengapa bisa demikian? Menurut hasil googling saya selama ini, ternyata sidebar yang ditempatkkan di sebelah kiri akan diload terlebih dahulu baru kemudian isi konten/artikel blog yang berada di sebelah kanannya. Jadi, bisa kita bayangkan apabila sidebar kita berada di kiri dan dipenuhi banyak widget-widget di atas yang disertai javascript, gambar, bagaimana performa loading blog kita. Tentu lambatnya bukan main.

Gambar

Tentu sobat sudah paham mengapa gambar menjadi salah satu faktor penentu cepat lambatnya loading blog. Hal ini terutama dipengaruhi oleh tempat/lokasi hosting gambar yang kita gunakan. Sejauh ini, saya tidak pernah mengupload gambar di tempat lain selain di blogger sendiri (seperti photobucket, dan lain-lain). Saya lebih menyukai hosting di blogspot karena merupakan tempat penyimpanan gambar internal. Penyimpanan gambar di tempat hosting khusus menurut saya akan menimbulkan banyak faktor lain yang menjadikan gambar tersebut menjadi lambat dimuat saat diterapkan ke dalam website/blog (walaupun belum tentu menjadikan loading blog menjadi lambat).

Namun, ada satu hal terpenting yang menjadi faktor utama yang sangat berpengaruh terhadap loading blog. Pasti sobat sudah mengetahui hal itu. Apakah itu? Semua itu tergantung dari "KONEKSI INTERNET" hehe. Bagaimanapun, apabila performa blog sudah sangat mumpuni dan seharusnya sangat cepat loading, tetapi koneksi internet kita sangat lambat yaaa bagaimana blog itu akan cepat loading? :p

Nah, mungkin apabila ada faktor penting lain, silakan sobat tambahkan melalui kotak komentar. Saya hanyalah blogger pemula yang sedang belajar dari pengalaman selama ini. Sekian artikel saya mengenai "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Cepat Lambat Loading Blog", sobat dapat membaca cara saya meringankan blog saya ini di artikel selanjutnya yaitu "Cara Membuat Loading Blog Super Cepat Wusss Wusss"
Terima kasih telah membaca artikel Faktor-faktor yang Mempengaruhi Cepat Lambat Loading Blog
Artikel ini memiliki rating: 97% Top Artikel dari 93058 ratings. 93058 pembaca merekomendasikan ini.
Ditulis Oleh Zai Azura
Description: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Cepat Lambat Loading Blog
Terimakasih atas kunjungan Sobat beserta kesediaan Sobat membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Sobat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah.

4 comments

Balas

terimakasih banyak sob, sangat membantu...

Balas

Mantap mas bro keep sharing, jadi tambah pengetahuan nih ....

Balas

makasih infonya sangat bermanfaat,,

Balas

mantap,,
terimakasih banyak atas infonya

Post a Comment

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel='image'>URL GAMBAR ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA...</i>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA...</strong>

Link aktif akan dimatikan secara otomatis.

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

NB: Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (Out Of Topic) dengan menekan tombol OOT di bawah ini.


Konversi Kode di Sini! Emoticon OOT
Back to Top