Mempercepat Loading Blog yang Lambat

Loading Blog Lambat
Mempercepat Loading Blog yang Lambat ~ Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Mengetahui Kecepatan Loading Suatu Blog dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Cepat Lambat Loading Blog. Apabila sobat belum membacanya, silakan sobat baca terlebih dahulu agar ada relevansi dengan artikel kali ini, karena pembahasan pada artikel ini akan terasa sedikit berbobot :D.

Baiklah, pada artikel sebelumnya, saya telah memaparkan beberapa faktor yang menyebabkan loading blog menjadi sangat lambat, akan tetapi belum sempat menjelaskannya lebih detail. Untuk itu, saya akan memenuhinya pada artikel ini.

Saat kita menganalisa kecepatan blog kita di GTmetrix, maka akan ditampilkan result yang di antaranya berisi masalah-masalah yang menjadi beban loading pada blog/website kita. Akan saya jelaskan sedikit yang saya ketahui dan telah berhasil saya terapkan di blog saya ini.

Beberapa masalah yang sudah berhasil saya fix-kan antara lain:

# Page Speed

  1. Minify CSS
  2. Minify Javascript
  3. Minify HTML
  4. Leverage Browser Caching
  5. Put CSS in the Document Head
  6. Combine Image Using CSS Sprites
  7. Minimize request size

# YSlow

  1. Put CSS at the top
  2. Put JavaScript at bottom
  3. Minify JavaScript and CSS
  4. Make JavaScript and CSS external
Sampai saat ini, saya hanya bisa membetulkan beberapa masalah tersebut. Namun, alhamdulillah, Page Speed blog My Azura ini sudah 92% dan YSlow blog ini pun juga sudah mencapai 99% (sebenarnya saya sudah menemukan masalah yang 1 %, tetapi saya ragu karena ternyata 1% itu masalahnya berada di dalam javascript yang saya gunakan di blog ini.

Untuk Sobat yang bisa mengoptimasi Page Speed blog supaya bisa lebih baik lagi, bila berkenan mohon masukan untuk saya :). Segala masukan dan saran tentang "Mempercepat Loading Blog yang Lambat" ini sangat saya butuhkan untuk keperluan membangun pengetahuan yang lebih baik lagi.
Terima kasih telah membaca artikel Mempercepat Loading Blog yang Lambat
Artikel ini memiliki rating: 97% Top Artikel dari 93058 ratings. 93058 pembaca merekomendasikan ini.
Ditulis Oleh Zai Azura
Description: Mempercepat Loading Blog yang Lambat
Terimakasih atas kunjungan Sobat beserta kesediaan Sobat membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Sobat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah.

2 comments

Balas

caranya gmana dpet 99% di yslow ?

Balas

Kenapa setiap link yang terpasang dalam artikel anda selalu menuju ke halaman tidak ditemukan ..... atau error 404 .... ?

Post a Comment

Catatan: (memasukan item pada komentar)
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel='image'>URL GAMBAR ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA...</i>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA...</strong>

Link aktif akan dimatikan secara otomatis.

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

NB: Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (Out Of Topic) dengan menekan tombol OOT di bawah ini.


Konversi Kode di Sini! Emoticon OOT
Back to Top